Type to search

Persalinan

14 Makanan Hebat agar Luka Operasi Caesar Cepat Sembuh

Makanan untuk mempercepat penyembuhan operasi caesar

Usai menjalani operasi caesar, Ibu akan melewat beberapa fase pemulihan pasca operasi yang tidak mudah. Rasa nyeri yang tertinggal dan beberapa tindakan medis lanjutan bukan hanya menguras energy fisik saja, tapi juga psikis.

Bukan itu saja, tanggung jawab sebagai ibu juga sudah menanti di depan mata. Meski tubuh belum bugar sepenuhnya, Ibu harus menyusui buah hati yang tentunya membutuhkan banyak energi dan nutrisi. Maka dari itu, penting untuk ibu memperhatikan asupan nutrisi kaya gizi dan protein untuk mengoptimalkan produksi ASI untuk buah hati tercinta.

Makanan agar Bekas Operasi Caesar Cepat Sembuh

Berbeda dengan ibu yang menjalani persalinan normal, ibu yang melewati prosedur operasi caesar perlu lebih teliti dalam memilih nutrisinya usai melahirkan. Bukan saja untuk kepentingan nutrisi ASI, tapi ibu sebaiknya juga cerdik dalam memilih makanan bergizi untuk membuat luka bekas operasi caesar cepat kering.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi ibu pasca operasi caesar agar luka cepat sembuh :

1. Sumber Protein, termasuk Ikan dan Semua Biji- Bijian
Mengonsumsi banyak biji- bijian yang mengandung asam folat, zat besi, dan serat sangat baik untuk tahap perkembangan awal bayi. Untuk ibu baru yang sering mengalami kurang tidur karena harus terjaga sepanjang malam menjaga bayi, sarapan sereal gandum utuh berfungsi mengembalikan kalori yang hilang.

Pasca operasi caesar, penting untuk mengonsumsi protein, terutama protein albumin, untuk mempercepat penyembuhan pasca operasi caesar. Salah satu makanan yang kaya akan protein albumin ini adalah ikan kutuk atau ikan gabus. Bisa dibilang, ikan gabus adalah nutrisi favorit untuk ibu yang baru melahirkan caesar karena ampuh dalam membuat bekas operasi caesar cepat sembuh.

Baca Juga :  Mengenal Perbedaan Baby Blues Syndrome dan Postpartum Depression

2. Produk Susu Rendah Lemak
Yogurt rendah lemak, keju, dan susu skim adalah nutrisi kaya akan protein, kalsium, vitamin B dan D yang sangat baik untuk ibu menyusui. Manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh sang ibu, tapi juga bayi yang sedang menyusu.

Untuk ibu yang baru melahirkan, terutama melalui prosedur caesar, disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 3 cangkir atau 500 ml susu setiap hari. Produk susu rendah lemak seperti susu kambing ettawa adalah salah satu nutrisi yang paling direkomendasikan.

3. Buah dan Sayuran
Usai operasi caesar, siapkan lah buah- buahan sebagai camilan saat Anda lapar. Mengonsumsi buah dan sayur pasca operasi caesar akan sangat baik karena membuat tubuh Anda kembali fresh serta melancarkan metobolisme tubuh.

Buah yang disarankan adalah jeruk dan blueberry yang kaya akan antioksidan. Sedangkan untuk sayuran hijau, sangat disarankan mengonsumsi brokoli, bayam, labu runcing, labu bulat india, daun fenugreek, kacang, dan tangkai teratai yang merupakan sumber kalsium, vitamin A, C, dan zat besi.

Bagilah konsumsi Anda ke dalam tiga porsi buah dan dua porsi sayuran setiap hari.

Buah- buahan, nutrisi terbaik untuk ibu hamil, dan melahirkan

4. Kacang- kacangan
Kacang- kacangan dikenal sebagai sumber protein yang baik dan kaya akan vitamin, serat, dan mineral. Tidak heran, jenis makanan ini akan selalu menjadi nutrisi yang direkomendasikan untuk ibu hamil, menyusui, dan ibu yang dalam proses pemulihan operasi caesar.

Kacang yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah kacang merah dan kacang hitam.

5. Almond
Almond adalah salah satu nutrisi terbaik untuk kecantikan dan kesehatan. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam almond ini antara lain adalah karbohidrat, vitamin E, dan B12, kalsium, serta mineral dan serat. Ibu dapat mengonsumsinya dalam bentuk apapun, baik itu mentah, direndam, atau diolah.

Baca Juga :  7 Hal yang Bunda Perlu Siapkan Saat Berencana Operasi Caesar

6. Oat
Oat adalah sumber karbohidrat, serat, zat besi, kalsium, serta protein yang baik. Dengan kandungan serat yang tinggi, oat membantu Ibu terhindar dari sembelit dan perut sakit. Selain itu, sarapan oatmeal setiap hari juga bisa menstabilkan gula darah ibu, terutama di masa- masa menyusui.

Oat, salah satu makanan kaya akan nutrisi

7. Kunyit
Nutrisi yang terkandung dalam kunyit antara lain adalah vitamin C dan B6, serat, kalium, mangan, dan magnesium. Selain berfungsi mengurangi peradangan, kunyit juga bisa menyembuhkan luka internal dan eksternal pasca operasi caesar dengan lebih cepat.

Untuk mengonsumsinya, Ibu cukup menambahkan sekitar setengah sendok the kunyit dalam segelas susu hangat, lalu diminum setiap hari.

8. Ajwain atau Biji Carom
Ajwain atau yang juga dikenal dengan sebutan Biji Carom/ Gulma Uskup dikenal sebagai sumber thymol yang baik yang dapat menenangkan rasa sakit yang disebabkan oleh gangguan pencernaan dan gas. Ajwain juga dapat membersihkan rahim dan memberi kelegaan dari rasa sakit pasca melahirkan.

9. Jahe dan Bawang Putih
Jahe kaya akan vitamin E dan B6, serat, magnesium, mangan, potassium, dan selenium. Fungsinya adalah sebagai zat-inflamasi yang mempercepat pemulihan peradangan. Sedangkan bawang putih dapat membantu menurunkan berat badan dan mengatasi masalah pencernaan pasca usai persalinan.

Untuk ibu yang baru saja melewati operasi caesar, disarankan untuk menambahkan sedikit kombinasi jahe dan bawang putih ke makanan saat memasak agar luka bekas operasi lebih cepat kering.

Jahe kaya akan vitamin E dan B6, serat, magnesium, mangan, potassium, dan selenium

10. Jinten
Biji jinten adalah salah satu nutrisi untuk mengoptimalkan produk ASI usai melahirkan. Untuk mengoptimalkan suplai ASI dan membuat tubuh terasa bugar usai persalinan, cobalah masukkan beberapa biji jinten ke dalam makanan. Ibu juga dapat menambahkan bubuk biji jinten putih ke dalam segelas susu hangat dan meminumnya setiap hari.

Baca Juga :  6 Hal yang Wajib Bunda Persiapkan Saat Akan Melahirkan Caesar

11. Biji Wijen
Wijen putih atau hitam, keduanya baik untuk ibu yang baru melahirkan. Nutrisi yang terkandung dalam biji wijen ini antara lain adalah zat besi, kalsium, fosfor, tembaga, dan magnesium. Deretan nutrisi ini secara signifikan membantu pergerakan usus agar dapat bekerja dengan optimal.

12. Millet Jari
Millet jari atau yang juga populer disebut ragi atau mandua adalah sumber zat besi dan kalsium yang baik. Milet jari ini disebut sebagai salah satu alternative terbaik untuk ibu yang alergi terhadap makanan olahan susu. Di beberapa Negara Eropa Timur, millet jari dijadikan sebagai salah satu menu wajib untuk ibu yang ingin cepat sembuh dari luka bekas operasi caesar.

13. Biji Fenugreek
Dikenal sebagai sumber kalsium, zat besi, vitamin, dan mineral yang baik, Fenugreek dapat mencegah nyeri punggung dan sendi. Untuk mengonsumsinya, fenugreek dapat ditambahkan ke berbagai hidangan. Teh fenugreek sendiri dikenal sebagai salah satu nutrisi terbaik untuk ibu menyusui.

Fenugreek sebagai sumber kalsium, zat besi, vitamin, dan mineral yang baik

14. Asafoetida (hing)
Asafoetida atau Hing dibuat dari akar rimpang dari tanaman Ferula yang dikeringkan. Hing ini kerap digunakan sebagai campuran masakan atau acar. Hing ini sendiri dikenal mempunyai beragam khasiat untuk kesehatan, seperti meringankan flu, bronchitis, dan asma, serta meredakan perut kembung dan gas.

Untuk ibu yang mengalami tindakan operasi caesar, menambahkan sedikit hing di olahan makanan dapat membuat luka bekas operasi caesar menjadi lebih cepat sembuh.

Comments

comments