LOADING

Type to search

Kesehatan Anak

Hati- hati, Mainan Anak- anak ini Mengandung Penyebab Kanker

Share
Hati- hati mainan anak berbahaya penyebab kanker

Beberapa waktu lalu, mainan dengna brand Bright Starts tipe “Start Your Senses” Zebra (Model 9078) ditarik dari peredarannya di Inggris. Mainan bayi berbentuk zebra lucu ini diketahui menggunakan bahan pewarna kuning penyebab kanker.

Mainan ini sendiri sudah terlanjur beredar dan ada kemungkinan sudah dimiliki banyak orangtua untuk anak- anak mereka. Bisa jadi juga mainan ini sudah ada beberapa di toko- toko mainan di Indonesia. Dan ada kemungkinan juga masih ada beberapa toko online yang menjualnya.

Apakah Ayah dan Ibu mempunyai mainan ini di rumah? Atau mungkin salah satu kerabat atau teman mempunyainya? Sebaiknya segera beritahukan informasi ini kepada mereka.

Mainan ini sendiri sebenarnya adalah jenis mainan edukatif yang memang dirancang untuk merangsang perkembangan sensorik bayi dalam meraba, melihat, dan mendengarkan suara. Dengan tujuan ini lah mainan ini dibuat dengan warna kontras, seperti hitam putih yang sangat disukai oleh bayi baru lahir.

Baca Juga :  Memilih Mainan Anak 1 Tahun agar Tumbuh Kembangnya Optimal

Selain itu, mainan ini juga berfungsi sebagai teether atau mainan gigit- gigitan. Untuk bayi mulai usia 3 bulan, biasanya orangtua kerap memberikan jenis mainan gigit- gigitan bayi. Karena itu lah bahan penyebab kanker ini sangat berbahaya karena dapat termakan oleh bayi.

Bahan penyebab kanker ini berasal dari pewarna 4-Aminoazobenzine atau disebut juga Aniline Yellow.  Pewarna ini lah yang kerap digunakan untuk membuat tinta kuning untuk insektisida, cat, vernis, dan tinta printer.

Dilansir dari dailymail.co.uk, pada tahun 1981, ada setidaknya 400 orang di Spanyol yang meninggal saat ada minyak goreng yang terkontaminasi dengan zat berbahaya ini. Sangat mengerikan ya, Ayah Bunda?

 

Baca Juga :  Tips Memilih Mainan Anak yang Aman

Tidak Semua Boneka Zebra ini Berbahaya, Ketahui Perbedaannya Disini

Perlu dikethaui, tidak semua boneka zebra yang beredar berbahaya. Yang orangtua lakukan adalah melakukan pengecekan terhadap label mainan terlebih dulu. Bila mainan ini mempunyai nomor seri Q diikuti dengan 4 angka, maka ini adalah jenis mainan yang terindikasi mengandung zat penyebab kanker. Cegah anak Anda dari memainkannya dan segera hancurkan dan buang mainan tersebut. Namun, jika mainan ini bukan kode Q denga4 angka yang mengikuti, maka mainan ini aman.

Cek label mainan anak

Anda juga bisa menghubungi produsen mainan tersebut dengan mengirim email ke consumerservices@kidsii.com. Namun, karena produksennya sendiri berlokasi di Inggris, maka butuh biaya untuk mengembalikan mainan tersebut. Maka dari itu, alternatif termudah adalah menghancurkan mainan tersebut dan membuangnya.

Baca Juga :  Kanker Leukimia pada Anak dapat Disembuhkan, Kisah Natarini Setianingsih ini adalah Buktinya

Comments

comments

Tags:

You Might also Like