Type to search

Bayi

6 Kebiasaan yang Bisa Ibu Terapkan untuk Membuat Bayi Pintar

6 Kebiasaan yang Bisa Ibu Terapkan untuk Membuat Bayi Pintar

Tahun pertama dalam kehidupan bayi adalah moment yang sangat berharga untuk belajar banyak hal. Maka dari itu, penting sekali untuk orangtua mengoptimalkan tahun pertama bayi ini dengan berbagai hal agar tumbuh kembangnya kelak menjadi maksimal.

Tips Melatih Kecerdasan Bayi Melalui Kebiasaan- Kebiasaan

Salah satu hal yang bisa ibu lakukan di tahun pertama bayi adalah melakukan kebiasaan- kebiasaan yang bisa melatih kecerdasan bayi. Apa saja itu? Mari kita simak bersama :

Kontak Mata

Kontak mata yang Ibu berikan kepada bayi saat ia mulai bisa melihat memberikan banyak manfaat untuk bayi. Selain membuat bayi merasa aman, tatapan ibu juga bisa meningkatkan memori buah hati.

Baca Juga :  Memilih Mainan Anak 1 Tahun agar Tumbuh Kembangnya Optimal
Kontak mata ibu dan bayi

Main Cilukba

Permainan cilukba yang sering dilakukan antara orangtua dan bayi ternyata bukan hanya membuat buah hati bersenang- senang. Lebih dari itu, permainan ini juga mengajarkan si kecil tentang object-permanence.

Object-permanence ini sendiri adalah kemampuan untuk mengetahui bahwa sebuah benda tetap ada, meski mereka tidak melihat, mendengar, dan menyentuh secara langsung.

Main Hitung Semuanya

Ajak lah buah hati untuk menghitung benda- benda dengan suara lantang. Misalnya menghitung jari kaki, jari tangan, langkah kaki, balok, dan lain sebagainya. Permainan ini akan melatih memori anak. Nantinya, ibu akan dibuat takjub saat mendengar anak cepat mengikuti permainan ini.

Ajak Anak Bereksplorasi

Bawa anak ke tempat baru dan ceritakan kepadanya apa saja yang ia lihat di tempat tersebut. Menunjukkan apa yang anak lihat sambil bercerita akan meningkatkan pembendaharaan kata anak kita sehingga anak tumbuh menjadi anak yang berani dalam mengungkapkan perasaannya.

Baca Juga :  Tips Memilih Mainan Anak Usia 2 Tahun Agar Tumbuh Kembangnya Optimal

Kembalikan Barang yang Anak Jatuhkan

Saat anak gemar menjatuhkan barang- barang ke bawah, ini dilakukan bukan semata- mata karena ingin. Namun, sebenarnya anak kita sedang belajar tentang gravitasi tanpa mereka sadari. Ibu bisa membuat permainan jatuh dan kembalikan barang ini menjadi menyenangkan.

Narasikan Kegiatan Anak

Saat kita melakukan rutinitas anak, ajak anak bercerita tentang narasi kegiatan tersebut. Misalnya saja saat mengganti popok anak atau memandikan anak. Ceritakan apa yang sedang dilakukan dan mengapa hal itu perlu dilakukan. Kegiatan ini akan membantu anak terbiasa dengan rutinitas yang dia lakukan.

Comments

comments

Tags:

You Might also Like