Type to search

Kehamilan

Mengenali Gerakan Janin Dalam Kandungan dan Tahapan Janin Mulai Bergerak

Mengenali Gerakan Janin Dalam Kandungan

Saat pertamakali Bunda merasakan gerakan bayi dalam kandungan, hal ini menjadi pengalaman istimewa sekaligus emosional. Namun, pernahkah Ayah Bunda bertanya- tanya seperti apa gerakan janin dalam kandungan?

Salah satu hal paling membahagiakan selama moment kehamilan adalah saat Ibu mulai merasakan gerakan- gerakan mungil dari dalam rahim. Gerakan ini menjadi salah satu tanda bahwa buah hati tercinta sedang berkembang. Gerakan ini juga akan membuat Bunda merasa lebih dekat dengan kehidupan kecil di dalam rahim Ibu.

 

Kapan Ibu Mulai Merasakan Gerakan Janin untuk Pertamakali nya?

Ibu biasanya akan menyadari gerakan janin pertamakalinya di usia kandungan 18-20 minggu. Bila ini merupakan yang pertama untuk Ibu, mungkin Ibu perlu waktu sedikit lagi untuk menyadari bahwa gerakan lembut di perut Ibu adalah gerakan bayi dalam kandungan.

Baca Juga :  Bayi 7 Hari Menjalani Operasi Jantung, Ibunya : “Menakutkan melihatnya seperti tak bernyawa”

Jika ini adalah anak kedua atau ketiga, tentu Ibu cenderung sudah mengetahui tanda- tandanya sejak awal.

Namun bila Ibu belum merasakan adanya gerakan bayi hingga usia mencapai 24 minggu, maka segera konsultasikan dokter kandungan atau bidan. Selanjutnya dokter kandungan akan mendengarkan detak jantung bayi, melakukan scan USG, dan melakukan pemeriksaan lainnya.

 

Tahap Gerakan Janin dalam Kandungan

Melalui USG, kita bisa mengintip jenis gerakan yang dilakukan oleh bayi dalam kandungan serta kapan janin mulai melakukan gerakan tersebut. Sebenarnya, bayi bisa bergerak jauh sebelum Ibu mulai merasakannya. Gerakan ini akan sering berubah seiring dengan pertumbuhannya.

Jika beruntung, Ibu bisa melihat gerakan bayi saat posisi terbangun sehingga bisa melihat gerakannya dengan lebih jelas. Untuk mengetahui gerakan apa saja yang dilakukan janin dalam rahim, berikut ini adalah gerakan yang bisa ia lakukan :

Baca Juga :  Kisah Seorang Ibu yang Menyesal, “Bayiku sayang, maaf karena ibu terlalu mendengarkan omongan orang lain.”
  • Usia janin 7-8 minggu, bayi mulai menggeliat. Ia akan membungkuk ke samping dan tiba- tiba membuat gerakan kecil yang mengejutkan
  • Usia janin 9 minggu, bayi bisa menggerakkan lengan serta kakinya yang kecil. Ia juga mulai bisa menghisap dan menelan, serta cegukan.
  • Usia 10 minggu, ia bisa menggerakkan kepala, mengangkat kedua tangan untuk membuka rahang dan menyentuh wajahnya.
  • Usia 12 minggu, selain membuka rahang, ia mulai bisa menguap. Jika terlihat di USG, gerakan ini pasti membuat Ibu gemas.
  • Usia 14 minggu, bayi sudah bisa menggerakkan matanya.
  • Usia 15 minggu, ia mulai bisa menghisap jempol tangannya. Bila kebetulan Ibu melihatnya saat proses USG, ini bisa menjadi petunjuk apakah ia akan cenderung menggunakan tangan kanan atau tangan kirinya di kemudian hari.
Baca Juga :  Memilih Mainan Anak 1 Tahun agar Tumbuh Kembangnya Optimal

 

Selanjutnya, gerakan janin akan menjadi semakin kuat dari waktu ke waktu. Awalnya ia akan bersikap lembut dan gerakannya masih terasa ringan seperti gelembung udara yang pecah. Namun kemudian, Bunda akan mulai terbiasa saat ia mulai bisa mendorong, berputar, menendang, atau menggerakkan anggota badannya yang kecil.

Yang perlu diingat, bayi tidak akan terus menerus bergerak. Ada beberapa waktu dimana ia hanya ingin tidur dan istirahat. Namun jika bayi tidak bergerak dalam rentang waktu yang cukup lama, sebaiknya Ibu segera memeriksakan kandungan ke dokter kandungan atau bidan.

Bagaimana dengan Ibu, mulai usia berapa Ibu merasakan gerakan janin saat mengandung? Share pengalaman Ibu di kolom komentar di bawah ya..

Comments

comments

Tags:

You Might also Like