LOADING

Type to search

Good Parenting

7 Cara Agar Anak Senang Belajar Membaca Al-Qur’an

Share
Anak Mengaji Al-Qur'an

Bagi orangtua, adalah sebuah kebanggaan saat melihat putra- putri tercinta mencintai Al-Qur’an untuk orangtua muslim. Sesuai sabda Rasulullah SAW, ibadah yang paling istimewa adalah membaca Al-Quran dan mengamalkan isinya dalam kehidupan kita sehari- hari.

Namun, tentu saja bukan hal mudah untuk membuat anak kita mahir membaca, menghafal, dan memahami Al-Qur’an. Dibutuhkan motivasi, keberanian, dan ketekunan untuk membuat anak- anak mencintai Al-Qur’an. Untuk orangtua, hal ini adalah tantangan tersendiri.

 

7 Langkah Membuat Anak Senang Belajar Al-Qur’an

Tidak ada yang instant di dunia ini. Termasuk membuat anak- anak senang belajar Al-Qur’an. Namun Ayah Bunda sebaiknya tidak patah semangat, coba lah dengan mengikuti beberapa tips berikut ini :

1. Jangan Paksa Anak

Memaksa anak justru membuat anak merasa tidak nyaman dan semakin enggan melakukannya. Orangtua perlu bersabar dalam memunculkan minat anak- anak dalam belajar membaca Al-Qur’an. Yang orangtua perlu lakukan adalah memberi stimulasi agar anak- anak tertarik karena pada dasarnya mereka adalah soerang pembelajar yang hebat. Selanjutnya, biarkan minat untuk belajar membaca Al-Qur’an muncul dari dalam diri mereka sendiri.

Baca Juga :  Percaya Pada Mitos Kesehatan, Kakek Nenek Bisa Membahayakan Cucu

 

2. Ajari dengan Memberi Contoh

Anak- anak adalah peniru yang ulung. Maka dari itu, cara terbaik untuk mengajari mereka adalah dengan memberi contoh. Tunjukkan kebiasaan dan ketertarikan orangtua terhadap Al-Qur’an dan perlahan- lahan, mereka akan meniru kebiasaan orangtua mencintai AlQur’an.

 

3. Jelaskan Mengapa Anak- Anak Perlu Membaca Al-Qur’an

Mulai dari usia sekolah, anak- anak perlu diberi pemahaman mengapa mereka perlu membaca Al-Qur’an dan melakukan ibadah- ibadah lain yang diajarkan oleh agama yang dianut. Lakukan komunikasi dua arah dengan anak- anak dengan cara bercerita. Jika anak- anak mengutarakan pendapat atau rasa ingin tahu mereka, hargai lah setiap pendapat dan jawab rasa ingin tahunya dengan jawaban yang mudah dipahami.

Baca Juga :  7 Kesalahan Parenting yang Mengancam Kesuksesan Anak di Masa Depan

 

4. Belajar Al-Qur’an dengan Cara yang Menyenangkan

Ada banyak metode belajar membaca Al-Qur’an untuk anak- anak, mulai dari pengenalan awal huruf Hijaiyah, Iqro versi cetak dan digital, melalui lagu, games, atau dengan penggunaan media interaktif. Pilih metode belajar yang paling membuat anak nyaman dan bersemangat. Kegiatan belajar harus semenyenangkan mungkin untuk mereka.

 

5. Mulai dengan Yang Paling Mudah

Mulai lah belajar dari yang termudah, secara bertahap. Jangan membuat anak- anak merasa bahwa belajar membaca Al-Qur’an adalah hal yang sulit dan merepotkan untuk mereka. Dengan proses belajar yang bertahap, mereka akan merasa mampu untuk melakukannya.

 

6. Belajar secara Konsisten

Baca Juga :  Anak Terus Menangis? Ucapkan 9 Kalimat ini untuk Menenangkannya

Yang unik dari anak- anak adalah ada waktu dimana mereka merasa tidak mood untuk belajar. Saat ini terjadi, perlu kekreatifan dari orangtua untuk mengelola mood anak- anak. Buat lah mereka berminat belajar membaca Al-Qur’an meskipun hanya sebentar. Lakukan lah dengan konsisten setiap hari.

 

7. Berikan Pujian dan Reward Saat Anda Mencapai Level Tertentu

Level tertentu bukan berarti harus mencapai tahap tertentu dulu baru orangtua memberi pujian. Hargai lah setiap progress dari putra- putri tercinta. Misalnya saja saat ia semakin bersemangat untuk belajar mengaji atau saat pelafalannya semakin baik, berikan ia pujian tulus. Hal ini akan membuat anak- anak semakin bersemangat dan senang mengaji.

Comments

comments

Tags:

You Might also Like